Minggu, 31 Juli 2011

Anda ditakdirkan sebagai apa?


 gambar diambil dari etc.usf.edu

Raja Louis XVI telah digulingkan dari takhtanya, bahkan dipenjara. Puteranya yang masih muda dibawa oleh mereka yang menggulingkan raja. Mereka piker, karena dia adalah putera mahkota, kalau bisa menghancurkan mentalnya, dia juga bisa mudah dikendalikan dan dijatuhkan suatu saat.

Pangeran itu dibawa ke sebuah tempat yang sangat jauh dan diperlihatkan segala hal yang kotor dan memalukan. Mereka memberikan makanan yang paling enak secara terus menerus agar kelak pangeran diperbudak oleh selera makan. Di dekatnya, mereka juga selalu mengucapkan kata-kata yang memalukan. Selain itu sang pangeran juga dihadapkan pada pelacur yag cantik-cantik agar dikendalikan nafsu. 

Dua puluh empat jam dalam sehari, pangeran selalu dihadapkan pada situasi demikian. Selama lebih dari enam bulan pangeran itu selalu melihat sesuatu yang sama sekali tidak terhormat dan dipenuhi nafsu, tetapi dia tetap tak menggubris dan hidup seperti biasa ketika dia di istana. 

Akhirnya setelah percobaan yang berulang, mereka menyerah dan menanyai sang pangeran, “Mengapa anda tidak terpengaruh sama sekali? Padahal yang kami hadapkan adalah kesenangan dan kenikmatan? Dan semuanya bisa anda miliki.”

Kata sang pangeran, “Aku tidak bisa melakukan apa yang kamu minta, karena sejak semula aku lahir, sudah ditakdirkan untuk menjadi raja.”

 *****

Menurut Anda, Anda ditakdirkan sebagai apa? Kalau Anda yakin dan percaya dengan itu, dan menginginkannya sangat, seberapa pun pengaruh yang meminta Anda untuk berhenti, Anda tidak akan terpengaruh.

Sekali lagi, menurut Anda, Anda ditakdirkan sebagai apa?


Tidak ada komentar: