Minggu, 31 Juli 2011

Menyenangkan Di Mana Pun, Kapan Pun, Melakukan Apa Pun, Bersama Siapa Pun

gambar diambil dari internet, berkemungkinan berhakcipta
Ini sebuah cerita yang sangat menyindir sekali.

Zaman dulu di sebuah tempat di Jepang, ada sebuah rumah yang terkenal dengan nama 1000 cermin. 
Suatu hari, seekor anjing kecil yan periang dan bahagia ingin masuk ke rumah itu. Ketika tiba di sana, ia mengibaskan ekornya terus menerus. Ia kaget, di dalam rumah tersebut ternyata banyak sekali anjing kecil lain yang juga mengibaskan ekor seperti dirinya. Anjing itu kegirangan dan tersenyum. Lagi-lagi ia kaget, anjing-anjing kecil itu juga tersenyum juga.
“Ini tempat yang istimewa. Aku akan sering-sering datang ke sini lagi.” Katanya dalam hati sambil berjalan pergi.
Di desa itu terdapat anjing kecil lain yang ingin masuk ke dalam rumah tersebut. Ia cemberut entah karena apa. Anjing itu kemudian melongok ke dalam rumah secara perlahan. Dia terkejut. Di sana terdapat banyak sekali anjing yang menakutkan dan cemberut menatapnya. 
Anjing itu mengeram, tapi anjing-anjing lain juga berwajah semakin menyeramkan. Akhirnya dia pergi dari rumah itu. “Rumah ini benar-benar mengerikan. Saya tak akan datang ke sini lagi.” 

 *****

Pada kenyataannya, ke mana pun Anda pergi, berada di mana pun, bersama siapa pun, jika Anda juga tidak senang, maka segala sesuatunya juga bisa jadi sama sekali tidak menyenangkan.

Sederhananya, jika Anda mencemberuti semua orang di sekitar Anda dan Anda berharap orang-orang tersebut bersikap sangat baik pada Anda, Anda pasti sedang bercanda kan? Iya, baiklah, mungkin satu doa orang, karena pada dasarnya hati mereka baik, mereka juga mungkin bersikap baik pada Anda. Tapi semuanya? Anda pasti sedang benar-benar bercanda.

Sebaliknya, jika Anda berbaik sikap kepada semua orang di sekitar Anda, pasti penerimaannya juga baik. Iya, baiklah, mungkin ada satu dua orang yang memang bersikap tidak suka. Tapi ya sudah. Orang semulia Nabi Muhammad saw  saja banyak yang tetap tidak menyukai. Orang sepemaaf Mahatma Gandhi dan Bunda Theresa saja tetap akan ada yang bersikap tidak suka. Jadi terima saja kenyataan bahwa Anda tidak bisa membuat seluruh dunia mencintai Anda. Tapi, setidaknya, jangan terlalu banyak. Bukankah begitu.

Yang paling penting, Anda harus bersikap menyenangkan, dan keadaan di sekitar Anda juga pasti menyenangkan. Di mana pun, bersama siapa pun, melakukan apa pun.


(Boleh copy paste, tapi kalau tidak keberatan, mohon dicantumkan juga sumbernya)

Tidak ada komentar: