Sabtu, 02 Juli 2011

Rahasia adalah rahasia




Pada suatu ketika, ada seorang gadis, masih SMA yang bercerita. Tidak tahu kenapa dia bercerita pada saya. Padahal, menurut saya ini adalah benar-benar sesuatu yang tidak bisa sembarangan diceritakan kepada orang lain. Apalagi orang yang belum pernah bertatap muka.

Iya, dia dari dunia maya. Iya, dia bercerita juga dari dunia maya. Iya, juga nama dan fotonya disamarkan. Untungnya saja, dia masih cukup cerdas dalam hal itu.


Dia bercerita bahwa dia sudah melakukan banyak hal dengan pacarnya. Anda mengerti kan maksudnya 'banyak hal'? Iya, kira-kira seperti itu. Sesuatu yang seharusnya tidak boleh dilakukan oleh gadis seusia dia. Kalau tidak salah dia masih kelas dua SMA.

Menurut saya, bercerita tentang rahasia seperti itu, kepada seseorang yang tidak dikenal, apalagi seseorang itu laki-laki, sungguh tidak bijaksana. Bagaimana jika laki-laki yang dia ceritakan itu akhirnya berniat buruk. Banyak bukan, kasus yang terjadi hal buruk kepada seorang gadis belia hanya karena media sosial?

Karena itu saya mengatakan kepadanya untuk ini terakhir kalinya dia mengatakan hal serahasia itu kepada orang lain. Saya membuatnya berjanji. Dan semoga, sampai sekarang dia menepati janjinya. Sesuatu yang sudah ditutupi Allah jangan lagi dibongkar. Kalau Allah berkehendak membongkarnya, biar terbongkar, tapi jika tidak, sudah, diamkan saja.

Entahlah, menurut saya seperti itu. Bahwa sama sekali tidak bijak jika seseorang menceritakan keburukannya kepada orang lain. Bagaimanapun juga, orang lain tetaplah orang lain. Saudara dan sahabat saja masih bisa tergoda untuk melakukan sesuatu yang tidak pernah kita sangka sebelumnya. Apalagi orang lain.

Tidak, tidak. Bukan maksud saya untuk berkata, "Jangan Percayai Siapa pun!"

Oh, Anda harus percaya pada beberapa orang. Kepercayaan membuat segala hal lebih mudah. Maksud saya hanya berhati-hati. Rumusnya mungkin sederhana: 70% berpikir positif, sisanya bersiap untuk kemungkinan terburuk.

Anda punya rahasia?
Saya punya, saudara dan sahabat Anda punya, bahkan sebuah negara pun punya.

Rahasia adalah rahasia. Berarti tidak boleh sembarangan diceritakan. Bagian mana yang tidak dipahami tentang rahasia?

Tidak ada komentar: