Senin, 05 Maret 2012

Ini Mungkin Definisi Kuat yang Sebenarnya ...



Mungkin kuat adalah bukan kamu tidak menangis ketika sesuatu yang buruk terjadi terhadapmu, atau menahannya mati-matian agar air matamu tidak mengalir. Bertahan dalam kepahitan dan berpura-pura tidak terjadi apa-apa.

Kadang, kuat adalah iya, kamu menangis. Tidak apa. Bagaimanapun juga, air mata diciptakan pasti karena ada manfaatnya. Karena disadari atau tidak, menangis benar-benar bisa melegakan, entah sendirian atau di depan banyak orang.

Kuat bukan berarti kamu sama sekali tidak pernah menangis. Yang lebih penting, seberapa keras pun kamu menangis kali ini, di kemudian hari nanti, kamu harus bisa berdiri dan tersenyum lagi. Bukan melupakan pahitmu, tapi menerima bahwa segala sesuatu sudah terlanjur terjadi, lalu kamu berjalan lagi.  Ini mungkin definisi kuat yang sebenarnya.


Mungkin kuat bukanlah kamu tidak pernah merasa ‘jatuh’ atau ‘pahit’ sama sekali.

Kadang, kuat adalah iya, kamu ‘jatuh’. Iya, kamu merasa ‘pahit’. Bagaimanapun juga kamu adalah manusia, punya rasa sakit dan kecewa.

Tapi sebenarnya tidak masalah kamu ‘jatuh’ atau merasa ‘pahit’, yang paling penting, di kemudian hari, kamu bisa berdiri lagi. Kamu bisa meraih sesuatu lagi. Kamu bisa berbahagia lagi. Ini mungkin definisi kuat yang sebenarnya.


Mungkin kuat juga bukanlah berarti kamu bisa melakukan apa pun dalam hal apa pun. Bagaimanapun juga kamu ini manusia, punya keterbatasan kemampuan dan pikiran.

Kadang, kuat adalah iya, kamu hanya bisa melakukan satu atau beberapa hal, tapi kamu masih belajar untuk melakukan hal lain yang ingin kamu bisa lakukan. Satu demi satu, langkah demi langkah. Ini mungkin definisi kuat yang sebenarnya.


Mungkin kuat bukanlah kamu punya otot yang besar, kekayaan dan kekuasaan melimpah sehingga bisa membeli apa pun.

Kadang, kuat ada di sesuatu yang sangat kecil di dadamu. Sesuatu yang memberi pengaruh besar dalam hidupmu. Sesuatu yang berapa kali pun kamu dipukul jatuh oleh hidup, kamu bisa berdiri lagi. Sesuatu yang apa pun hal buruk yang terjadi, kamu masih percaya bahwa kamu akan bisa melaluinya bagaimanapun juga. Sesuatu yang berbisik setiap hari di seluruh tubuhmu, “Kamu kuat. Lebih kuat dari yang kamu bayangkan. Ayo, bangun lagi. Ayo, lakukan lagi. Ayo, hadapi, menangkan pertarungan hidupmu ini.”


Kamu ini pasti kuat. Apa pun yang sedang melandamu sekarang ini. Yang kamu butuhkan, hanya menyadarinya. Bahwa kamu jauh lebih kuat daripada apa pun yang kamu hadapi. Jauh lebih kuat.


11 komentar:

Tiesa mengatakan...

memotivasi sekali mas ara tulisannya, bermacammacam definisi kuat :)

Mifta Chaliq mengatakan...

ijin share ya mas namara

Kiky Saky mengatakan...

suka banget motivasi ini ijin share ya!!!

Nurul Khaliza mengatakan...

1 kata: Amazing! (y)

Izin ya, kak. Pinjam sebagian materinya buat nasehatin temen. Disampaikan secara lisan, kok. :D

fauziyah mengatakan...

yasudah, nangis dulu ah,

priscila stevanni mengatakan...

Inspiring :D

namarappuccino mengatakan...

@Tiesa: SHINE ON SHINE ON dek. :)

@Mifta: Tentu saja, dear. :)

@Kiky: Iya, dek. :)

@Nunu: Iya. Boleh, :)

@Fauziyah: Lho? Hehehhe *pukpuk*

@Priscila: :) SHINE ON SHINE ON. :)

Manik Mata mengatakan...

Kekuatan sebenarnya adalah kekuatan untuk mengakui keadaan diri kita sebenarnya, baiknya, buruknya, kuatnya, lemahnya. #Ini semacam pengingat bagi diri sendiri, thanks mas :-)

Ayya Idris mengatakan...

secara tidak langsung dikuatkan oleh tulisan ini. makasih, mas erick :)

uTit MarcUtit mengatakan...

subhanallah,,
bener banget,,sangat termotivasi.makasih.

erniee mengatakan...

Nice..