Kamis, 15 September 2011

Sesekali Waktu

gambar diiambil dari bisnis2qta.blogspot.com
Sesekali waktu,
Ketika Anda meminum atau memakan sesuatu yang Anda sukai, nikmati rasanya. Jangan tergesa menghabiskannya. Syukuri setiap milimeter rasanya menyentuh lidah, turun ke tenggorokan dan kemudian ke perut Anda.
Sesekali, luangkan waktu sebentar saja, jauhi segala kesibukan, dan nikmati apa yang Anda lakukan. Meski itu sekedar makan atau minum, apalagi jika lebih dari itu.



Sesekali waktu,
Jangan sekadar berpaku pada tujuan perjalanannya. Perhatikan benar apa yang ada selama perjalanan. Pohon-pohonnya, pemandangannya, udaranya, airnya, orang-orang yang terlihat, bangunan-bangunan, iklan-iklan, dan lain sebagainya. Pasti ada yang menarik di antaranya. Akan ada yang membuat Anda berkesan. Kalau membawa kamera, abadikan.
Sesekali, luangkan waktu sebentar saja, hiraukan Anda mau ke mana, dan nikmati apa yang Anda lihat selama perjalanan.

Sesekali waktu,
Ketika Anda sedang bersama dengan seseorang atau beberapa orang, perhatikan benar apa pun yang mereka lakukan. Dengarkan ketika mereka berbicara, tertawa ketika mereka melucu, jangan mengganggu ketika mereka sedang fokus pada sesuatu.
Sesekali luangkan waktu sebentar saja, perhatikan benar siapa yang di depan Anda. Anda akan tahu perbedaannya ketika seseorang merasa sangat dihargai dengan diperhatikan, didengarkan.

Sesekali waktu,
Hubungi orang yang sudah lama tidak Anda hubungi. Menanyakan kabar, berbagi cerita, atau saling mengenang. Apa saja. Dan lihat bagaimana efeknya seperti apa hubungan Anda dengan dia selanjutnya.
Sesekali luangkan waktu sebentar saja untuk mereka, entah keluarga, sahabat atau bahkan musuh sekalipun. Kadang, mereka ingin menghubungi Anda tapi juga bisa jadi takut.

Sesekali waktu,
Beri kebahagiaan kepada orang lain. Sampaikan pujian, tanyakan kabar kepada rekan atau teman, bantu pekerjaan, atau sekadar menyapa dengan sebuah senyuman. Rasakan benar setiap kebahagiaan yang Anda sebar. Hangat bukan?

Sesekali waktu,
Setiap melakukan apa pun, benar-benar apa pun, lakukan dengan hati. Bukan sekadarnya. Makan, nikmati. Berbincang, perhatikan. Perjalanan, amati. Berdoa, hayati.
Ah tidak, sepertinya paling baik bukan sesekali waktu, mungkin sepanjang waktu.

Tidak ada komentar: