Rabu, 07 Maret 2012

Sesekali Waktu

gambar diiambil dari bisnis2qta.blogspot.com
Sesekali waktu,
Ketika kamu minum atau memakan sesuatu yang kamu sukai, nikmati rasanya. Jangan tergesa menghabiskannya. Syukuri setiap milimeter rasanya yang  menyentuh lidah, lalu turun ke tenggorokan dan kemudian ke perutmu.
Sesekali, luangkan waktu sebentar saja, jauhi segala kesibukan, dan nikmati apa yang kamu lakukan sekarang. Meski itu sekedar makan atau minum, apalagi jika lebih dari itu.

Sesekali waktu,
Jangan sekadar berpaku pada tujuan perjalanannya. Perhatikan benar apa yang ada selama perjalanan. Pohon-pohonnya, pemandangannya, udaranya, airnya, orang-orang yang terlihat, bangunan-bangunan, iklan-iklan, dan lain sebagainya. Pasti ada yang menarik di antaranya. Akan ada yang membuat kamu terkesan. Kalau membawa kamera, abadikan.
Sesekali, luangkan waktu sebentar saja, hiraukan kamu mau ke mana, dan nikmati apa yang kamu lihat selama perjalanan. Kadang perjalanan bisa jadi seindah tujuannya.Bisa jadi lebih.

Sesekali waktu,
Ketika kamu sedang bersama dengan seseorang atau beberapa orang, perhatikan benar apa pun yang mereka lakukan. Dengarkan ketika mereka berbicara, tertawa ketika mereka melucu, jangan mengganggu ketika mereka sedang fokus pada sesuatu. Kamu akan menyadari betapa merasa dihargainya seseorang ketika mereka benar-benar kamu perhatikan.
Sesekali, luangkan waktu sebentar saja, untuk memperhatikan benar orang yang ada di depanmu. Dan kamu akan dikenalnya sebagai seseorang yang sangat baik dan menghargai orang. Lalu lihat efeknya di masa depan nanti bagimu.

Sesekali waktu,
Hubungi orang yang sudah lama tidak kamu hubungi. Menanyakan kabar, berbagi cerita, atau saling mengenang. Apa saja. Dan lihat bagaimana hal itu memberi pengaruh pada seperti apa hubungan kamu dengan dia selanjutnya.
Sesekali luangkan waktu sebentar saja untuk mereka, entah keluarga, sahabat atau bahkan musuh sekalipun. Kadang, mereka ingin menghubungi kamu tapi juga bisa jadi takut.

Sesekali waktu,
Beri kebahagiaan kepada orang lain. Sampaikan pujian, tanyakan kabar kepada rekan atau teman, bantu pekerjaan, atau sekadar menyapa dengan sebuah senyuman. Rasakan benar setiap kebahagiaan yang kamu sebar. Hangat bukan?

Sesekali waktu,
Setiap melakukan apa pun, benar-benar apa pun, lakukan dengan hati. Bukan sekadarnya. Makan, nikmati. Berbincang, perhatikan. Perjalanan, amati. Berdoa, hayati.
Ah tidak, sepertinya paling baik bukan sesekali waktu, mungkin sepanjang waktu.
Lakukan apa pun benar-benar dari hati. Menikmati apa yang sedang kamu lihat, kamu dengar, kamu lakukan, dan kamu rasakan sekarang ini. Karena pantai seindah apa pun, tidak akan bisa kamu nikmati pemandangannya jika pikiranmu berada di tempat lain.


5 komentar:

F u n y mengatakan...

"Sesekali waktu,
Hubungi orang yang sudah lama tidak kamu hubungi. Menanyakan kabar, berbagi cerita, atau saling mengenang. Apa saja. Dan lihat bagaimana hal itu memberi pengaruh pada seperti apa hubungan kamu dengan dia selanjutnya.
Sesekali luangkan waktu sebentar saja untuk mereka, entah keluarga, sahabat atau bahkan musuh sekalipun. Kadang, mereka ingin menghubungi kamu tapi juga bisa jadi takut"

iya kak, hal kecil seperti ini penting.. terkadang setelah sekian lama tidak menjalin silaturahmi, akan indah ketika menyapa seseorang di masa lalu :)

Tiesa mengatakan...

"Sesekali luangkan waktu sebentar saja untuk mereka, entah keluarga, sahabat atau bahkan musuh sekalipun. Kadang, mereka ingin menghubungi kamu tapi juga bisa jadi takut."

mungkin kami samasama merasakan ketakutan yang sama, sometimes i miss her, my ex bestfriend :')

Wury mengatakan...

Sesekali waktu yang penting untuk dilakukan. Hal-hal kecil membuat kita lupa dengan sahabat2 lama ataupun lupa dengan nikmatnya makan dan minum.

Bagus, Kak!

Nathalia mengatakan...

sesekali waktu, jangan lupa untuk mengistimewakan dirimu sendiri dengan memberinya hadiah, walau hanya sebatang es krim ;)

namarappuccino mengatakan...

@Funy: Benar sekali dek. :)

@Tiesa: Iya. Bisa jadi seperti itu. Tergantung siapa yang berani memulai duluan. :)

@Wury: Yang penting nikmati saja apa yang di depan. Termasuk makan dan minum. :)

@Nathalia: AH, iya. setuju sekali. Meski eskrim. Itu mengistimewakan si pemberi. :)